Bertempat di Kantor Perum Perhutani KPH Jember pada hari Kamis, 12 Januari 2010 kemaren telah berlangsung pertemuan antara Perum Perhutani KPH Jember dengan beberapa Petugas TNI AL Pos Pantau Laut Puger.  Pertemuan dilaksanakan sebagai tindak lanjut hasil pembicaraan sebelumya antara kedua belah pihak perihal rencana kerjasama pengamanan laut di sepanjang garis pantai Papuma dan bantuan personil SAR Laut dari TNI AL untuk membantu SAR Laut Papuma dalam hal penanganan keselamatan pengunjung Papuma.

Pertemuan yang berlangsung di ruang Wakil Administratur KSKPH Jember Utara tersebut dihadiri oleh seorang Perwira TNI AL dari Situbondo, Komandan Pos Pantau Laut di Puger Bp. Serma ….. serta beberapa anggota TNI AL yang lain.  Sedangkan dari Perhutani nampak Wakil Administratur Sub – KPH Jember Utara selaku penanggungjawab UKP Papuma Bp. Didiet W Hidayat, S.Hut, MSi,  Asper/KBKPH Wuluhan sebagai PPC Khusus Papuma, Bp. Andy Iswindarto beserta beberapa staf Papuma. Pertemuan berlangsung mulai pukul 14.30 sampai dengan 15.30 Wib.

Dalam pembahasan pertemuan tersebut, pada prinsipnya kedua belah pihak telah bersepakat untuk bekerjasama dalam hal operasional pengamanan wilayah laut Papuma dengan penyediaan standby kapal patroli dan personil dari TNI AL, pemanfaatan bangunan ex Wartel milik Papuma sebagai pos piket / jaga oleh TNI AL,  kerjasama personil SAR Laut serta peralatan yang dibutuhkan, dan pembahasan global rencana pembangunan dermaga apung untuk tambat kapal patroli TNI AL.  Selain itu juga sempat dijajagi kemungkinan dijalinnya kerjasama usaha untuk wisata bahari berupa wisata speedboat, sky air dan lain-lain.

Dengan nantinya direalisasikannya kerjasama operasi ini, semua pihak berharap Papuma ke depan dapat semakin baik memperbaiki dan meningkatkan pelayanan kepada pengunjung wisata bahari Papuma.  Terutama terkait keselamatan wisatawan di laut.  Dan bahwa keselamatan, kemananan, dan kenyamanan wisatawan adalah sudah menjadi tugas pokok kami sebagai pengelola kawasan wisata, maka sangat kami konsern upayakan untuk bisa terwujudkan segera. (dietweha).